Persamaan dan Perbedaan Program Ekonomi Gerakan Banteng dengan Program Ali-Baba

Tags

Sekilas, program ekonomi Gerakan Banteng adalah kebijakan ekonomi yang dikeluarkan oleh Menteri Perdagangan Sumitro Joyohadikusumo, yakni upaya pemerintah mengembangkan sistem ekonomi nasional dengan menumbuhkan peran para pengusaha pribumi. Para pelaksanaan program ini, pemerintah memberikan bantuak kredit sebagai modal agar para pengusaha pribumi dapat berkembang.

Sedangkan program Ali-Baba adalah kebijakan ekonomi yang dikeluarkan oleh Menteri Perekonomian Ishak Tjokrohadisurjo, yakni upaya memajukan perekonomian nasional melalui kerjasama antara pengusaha pribumi dan pengusaha non-pribumi dengan harapan pengusaha pribumi dapat belajar banyak dari pengusaha non-pribumi.


Persamaan


  1. Kedua program tersebut mengedepankan pentingnya persan pengusaha pribumi sebagai landasan menguatnya perekonomian nasional.
  2. Kedua program tersebut memiliki tujuan sebagai jalan pengubah sistem ekonomi kolonial menjadi sistem ekonomi nasional.
  3. Dalam pelaksanaan kedua program tersebut, pemerintah menjadi dalang utama yang berperan aktif dalam memberikan bantuan kredit kepada para pengusaha. 

Perbedaan 


Perbedaan yang paling nampak dari kedua program tersebut adalah:

  1. Program ekonomi Gerakan Banteng hanya mengedepankan peran pengusaha pribumi, dengan asumsi bahwa pengusaha pribumi dapat berperan aktif dalam arus kegiatan perekonomian nasional dengan ditopang kredit dari pemerintah.
  2. Program ekonomi Ali-Baba mengedepankan adanya hubungan kerjasama antara pengusaha pribumi dengan non pribumi. Dengan asumsi pengusaha pribumi dapat memperoleh pelajaran berharga dari adanya hubungan kerjasama tersebut, serta tidak jatuhnya pengusaha non pribumi, sehingga didapat kondisi kegiatan perekonomian yang maju dan teratur.

Sumber


BSE Kemendikbud Sejarah Indonesia Kelas XII SMA.


EmoticonEmoticon