Ketik sesuatu lalu tekan enter

author photo
By On
Jelaskan mengapa pembahasan mengenai Dasar Negara di Dewan Konstituante (Masa Demokrasi Parlementer) mengalami kesulitan?

Pembahasan mengenai dasar negara mengalami banyak kesulitan. Hal ini lebih disebabkan oleh adanya konflik dan pertentangan ideologis antara partai-partai besar yang memegang kendali Dewan Konstituante. Dalam pembahasannya, terdapat 3 usulan Dasar Negara Indonesia, yakni Pancasila, Islam, dan Sosial Ekonomi. Namun, ketiganya mengerucut menyisakan Pancasila dan Islam sebagai usulan dasar negara yang mendapat dukungan banyak dari anggota Dewan Konstituante. Anggota dewan yang beraliran nasionalis mendukung Pancasila, dan anggota yang beraliran agamis mendukung dasar negara Islam diterapkan.
 

Namun, dalam perkembangannya, tidak terjadi kesepakatan di antara kedua kelompok ini. Meski pada mulanya kelompok pendukung dasar negara Islam telah mengusulkan untuk dimasukkannya nilai-nilai Islam pada butir Pancasila, yaitu dengan memasukkan poin pertama Piagam Jakarta sebagai sila pertama Pancasila. Namun, usulan ini ditolak. Akibatnya, pembahasan mengenai Dasar Negara Indonesia oleh Dewan Konstituante ini mengalami kebuntuan.

Sumber


BSE Kemendikbud Sejarah Indonesia Kelas XII SMA.

Sumber gambar : jalandamai.org

Klik untuk mengomentari