Ketik sesuatu lalu tekan enter

author photo
By On
Meresensi cerpen pada dasarnya merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu karya cerita pendek, baik dari kelebihan maupun kekurangannya. Meski demikian, saat ini meresensi cerpen tidak lagi hanya sekadar sebagai media penilaian belaka.

Banyak yang bertanya, bagaimana sih cara meresensi cerpen? Apakah ada langkah-langkah yang harus kita lakukan dalam meresensi sebuah cerpen? Jawabannya ada. Berikut saya paparkan.


Meresensi cerpen, secara umum terdiri dari 6 langkah pokok, yaitu:

1. Memilih Cerpen


Tentunya, apabila kita hendak meresensi cerpen, maka kita terlebih dahulu harus memilih cerpen mana yang akan kita resensi. Apabila resensi cerpen akan ditujukan kepada publik, maka sebaiknya pemilihan cerpen harus memerhatikan kepopuleran cerpen, kelayakan cerpen, dan juga kemanfaatan cerpen itu sendiri.

Biasanya, cerpen-cerpen berkualitas dapat kita temukan pada setiap surat kabar di hari minggu.

2. Menguasai Isi Cerpen


Selanjutnya, kita harus menguasai isi cerpen tersebut. Lakukanlah pembacaan terhadap cerpen tersebut dengan penghayatan yang nyata. Hohoho bahasanya... Bacalah teks cerpen tersebut, nikmati, kemudian pahami secara mendalam bagaimana isi dari cerpen tersebut.

3. Mengidentifikasi Isi Cerpen


Setelah membaca, kamu harus bisa mengidentifikasi bagian-bagian teks cerpen tersebut.

4. Meringkas Isi Cerpen


Ketika kamu sudah selesai mengidentifikasi isi cerpen tersebut. Padukanlah setiap pokok pembahasan cerpen tersebut dengan memerhatikan hasil identifikasi, jadikan sebuah rangkuman yang tersusun secara sistematis berdasarkan bagian-bagian cerpen. Kegiatan ini biasa kita sebut sebagai menyusun sinopsis.

5. Menilai Isi Cerpen


Setelah meringkas, lakukan identifikasi terhadap kekurangan dan kelebihan cerpen tersebut. Hasil identifikasi ini akan sangat berpengaruh pada kualitas resensi yang dibuat. Ada beberapa hal yang bisa kamu jadikan pokok penilaian terhadap suatu cerpen, yaitu:

Apa kelebihan cerpen tersebut?

Apa kekurangan cerpen tersebut?

Apa manfaat cerpen tersebut bagi para pembaca?

Dalam pelaksaannya, penilaian teks cerpen dapat dilakukan dengan membandingkan karya cerpen tersebut dengan karya cerpen lain yang sejenis.

6. Menyimpulkan


Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah menyimpulkan. Kesimpulan ini berisikan saran dan pertimbangan kepada para pembaca.

Sumber


Disarikan dari buku Sobandi, Mengasah Kemampuan Diri, Tahun 2014, Penerbit Erlangga.

Sumber gambar : soearamoeria.com

Klik untuk mengomentari