Ketik sesuatu lalu tekan enter

author photo
By On
Salah satu ciri makhluk hidup adalah tumbuh dan berkembang. Pernahkah kalian terpikir bahwa dari sebutir biji buah-buahan yang kita makan akan tumbuh sebuah pohon besar, lebat, bunga, dan buah. Atau seorang bayi akan tumbuh menjadi seorang manusia yang dewasa nan cerdas. Itu adalah bukti bahwa setiap makhluk hidup pasti mengalami proses pertumbuhan.

Lalu, apa itu pertumbuhan dan perkembangan? Pertumbuhan jauh berbeda dengan perkembangan. Namun kedua proses tersebut berjalan saling berkaitan seiring dengan pertambahan usia makhluk hidup.


Pertumbuhan adalah suatu proses perubahan ukuran sel yang bersifat irreversibel alias tidak dapat kembali ke bentuk/posisi awal, serta dapat diukur secara kuantitatif. Maksud dari irreversibel disini bisa kita lihat dari bukti bahwa tinggi manusia tidak dapat kembali ke posisi awal. Alat pengukurnya sendiri sangat beragam, seperti halnya meteran, timbangan, dan lain sebagainya yang merupakan alat ukur panjang dan massa.

Sedangkan, perkembangan adalah suatu proses menuju kedewasaan yang berlalu seiring dengan pertumbuhan. Berbeda dengan pertumbuhan, perkembangan tidak dapat diukur dengan angka alias bersifat kualitatif. Contoh dari proses perkembangan adalah perkembangan kematangan organ kelamin makhluk hidup.

Proses pertumbuhan pada manusia dan hewan berbeda dengan proses pertumbuhan pada tumbuhan. Manusia dan hewan memiliki waktu tumbuh yang terbatas, pertumbuhan manusia dan hewan tidaklah berlangsung selamanya. Sedangkan pada tumbuhan sendiri, proses pertumbuhan berlangsung terus menerus dikarenakan adanya jaringan meristem yang selalu membelah.

Proses pertumbuhan dipengaruhi oleh beberapa faktor yang terbagi menjadi faktor eksternal dan faktor internal.

Baca : Faktor Yang Memengaruhi Proses Pertumbuhan Tumbuhan

Sumber


Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Biologi SMAN 1 Margahayu.
Irnaningtyas, Biologi SMA/MA Kelas XII, Penerbit Erlangga.

Klik untuk mengomentari