Ketik sesuatu lalu tekan enter

author photo
By On
Secara struktural, terdapat dua tipe sel, yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. Setiap makhluk hidup tersusun atas salah satu dari dua tipe sel tersebut. Organisme yang tersusun atas sel prokariotik contohnya Archaebacteria, Eubacteria, dan Cyanobacteria. Sedangkan organisme yang tersusun atas sel eukariotik contohnya Protista, Fungi/Jamur, Plantae/Tumbuhan, dan Animalia/Hewan.


Sel Prokariotik

Secara kebahasaan, Prokariotik tersusun dari dua kata dalam bahasa yunani, pro yang artinya sebelum, dan karyon yang artinya inti. Jadi, prokariotik adalah sel yang belum memiliki nukleus dan tidak memiliki membran inti yang memisahkan materi genetik di inti sel dengan di bagian lainnya. Meski begitu, nateri genetik (DNA) dalal sel prokariotik tampak terkonsentrasi pada suatu tempat yang disebut nukleoid.

Sel prokariotik memiliki DNA sirkuler (plasmid), sejumlah ribosom yang berfungsi untuk sintesis protein, membran plasma yang membatasi sel, serta dinding sel yang terdapat di sebelah luar membran plasma dan dilapisi kapsul seperti gel. Sebagian sel prokariotik seperti bakteri ada yang memiliki organel pelekatan yakni adanya pili, dan organel pergerakan yakni adanya flagela. Sel bakteri sendiri umumnya berdiameter 0,1 s.d. 1 mikrometer.

Sel Eukariotik

Secara kebahasaan, Eukariotik tersusun dari dua kata dalam bahasa yunani, eu yang artinya sebenarnya, dan karyin yang artinya inti. Jadi, eukariotik adalah sel yang memiliki nukleus yang sebenarnya, atau materi genetik (DNA) yang dibungkus oleh membran inti. Pada sitoplasma (daerah antara nukleus dengan membran sel) terdapat medium semi cair yang disebut sitosol, serta organel-organel sel yang sebagian besar tidak terdapat pada sel prokariotik. Sel eukariotik umumnya berdiameter 10 s.d. 100 mikrometer.

Referensi

Irnaningtyas, Biologi Untuk SMA/MA Kelas XI, Tahun 2013, Penerbit Erlangga.

Sumber gambar : juwilda.wordpress.com

Hak cipta karya sepenuhnya ada pada penulis dan penerbit bersangkutan. Disini hanya sebatas mendokumentasikan dan mendiskusikan dengan harapan dapat menjadi input berharga bagi pihak-pihak terkait.

Klik untuk mengomentari