Proposal Menyelenggarakan Lomba Pramuka

Dalam kegiatan berorganisasi, keberadaan proposal bisa kita nyatakan penting karena hampir seluruh kegiatan yang akan kita laksanakan haruslah memiliki perizinan yang jelas. Apalagi jika kita ingin menyelenggarakan sebuah lomba Pramuka. Tentu sangat perlu mengajukan proposal penyelenggaraan lomba sebelum kita melaksanakan kegiatannya.

Sahabat bisa mengunduh softfile Proposal Menyelenggarakan Lomba Pramuka di link berikut | Klik Disini

Namun, sahabat bisa melihat beberapa bagian dari proposal tersebut di pratinjau berikut ini.


PENDAHULUAN

Pertama marilah kita panjatkan puji serta syukur kita kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan  nikmat jasmani maupun rohani sehingga kita dapat menjalankan rutinitas kita sehari-hari, dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup kita yang lebih baik.

Dalam UU No. 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka : “Bahwa pembangunan kepribadian ditujukan untuk mengembangkan potensi diri serta memiliki akhlak mulia, pengendalian diri, dan kecakapan hidup bagi setiap warga negara demi tercapainya kesejahteraan masyarakat; bahwa pengembangan potensi diri sebagai hak asasi manusia harus diwujudkan dalam berbagai upaya penyelenggaraan pendidikan, antara lain melalui gerakan pramuka; bahwa gerakan pramuka selaku penyelenggara pendidikan kepramukaan mempunyai peran besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda sehingga memiliki pengendalian diri dan kecakapan hidup untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.

Untuk itulah kami sebagai Pengurus Gerakan Pramuka SMK Negeri 1 Cikarang Barat bermaksud ingin mengadakan sebuah kegiatan kepramukaan dalam bentuk ketangkasan, keterampilan serta kepedulian. Dan menjalin silahturahmi antara Pramuka Penegak yang ada khususnya di wilayah Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten.

Dalam rangka manajemen pelaksanaan Lomba Mandala Galang Buana Cakrawala VI Se-Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten Tahun 2013 secara terarah, maka dipandang perlu untuk membentuk tim kepanitiaan Lomba Mandala Galang Buana Cakrawala VI Se-Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten Tahun 2013. Berdasarkan Surat Nomor : 01/SK/MGBC/DA.PRAM/SMKN 1/III/2013 tanggal 03 Maret 2013 dibentuk susunan kepanitiaan Lomba Mandala Galang Buana Cakrawala VI Tahun 2013. Dengan penanggung jawab kegiatan adalah Ketua Pelaksana Lomba Mandala Galang Buana Cakrawala VI Se-Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten Tahun 2013.

NAMA KEGIATAN

“Lomba Mandala Galang Buana Cakrawala VI Se-Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten Tahun 2013”

TEMA KEGIATAN

“Save Our Culture And Nature With Scouting.”

DASAR HUKUM PELAKSANAAN

1.    Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945.
2.    Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasioanal.
3.    Undang-Undang No.12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
4.    Tap MPR No.II/MPR/1998 tentang GBHN yaitu :Mengenai Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda.
5.    Keputusan Presiden RI No.24 Tahun 2009 tentang tentang Pengesahan Gerakan Pramuka.
6.    Keputusan Kwartir Nasional Nomor 34 Tahun 1999 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.
7.    Keputusan Kwartir Nasional Nomor 203 Tahun 2009 tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
8.    Program Kerja Dewan Ambalan SMK Negeri 1 Cikarang Barat,   Kabupaten Bekasi.
9.    Hasil Musyawarah Dewan Ambalan SMK Negeri 1 Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi

TUJUAN KEGIATAN

1.    Menyediakan wahana bagi para Pramuka untuk berkreativitas.
2.    Mengembangkan mental, ilmu pengetahuan, pengalaman dan keterampilan anggota pramuka.
3.    Mengembangkan mental, ilmu pengetahuan, pengalaman dan keterampilan anggota pramuka.
4.    Membentuk suatu pertemuan akbar sebagai sarana silaturahim, juga sebagai tempat untuk menukar sugesti dan informasi.
5.    Memaksimalkan kualitas dan kuantitas generasi muda yang proaktif dalam kegiatan ke-Pramukaan.
6.    Sebagai wadah penyampaian bakat, cipta dan karya dari seorang Pramuka.
7.    Untuk membuktikan bahwa SMK Negeri 1 Cikarang Barat mempunyai kualitas dan kemampuan yang baik di mata masyarakat dan industri.

SASARAN KEGIATAN

Sasaran dalam kegiatan ini adalah Pramuka Penegak tingkat SMA/SMK/MA dan Ambalan Teritorial Se-Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten.

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Hari / Tanggan : Minggu, 20 Oktober 2013
Waktu : Pukul 07.00 WIB s/d selesai
Tempat : Ambalan SMK Negeri 1 Cikarang Barat, Kab. Bekasi
Alamat : Jl. Teuku Umar No. 1 Cikarang Barat - Kab. Bekasi.

JENIS MATA LOMBA

1.    Lomba Koloni Baris Berbaris (LKBB)
2.    Lomba Komandan Peleton ( Danton ) Terbaik
3.    Lomba Variasi dan Formasi
4.    Lomba Joget Komando
5.    Lomba Scout Intelegent
6.    Lomba Karikatur
7.    Lomba Miniatur Alat Musik Tradisional

JUARA LOMBA

Piala yang diperebutkan dan piagam penghargaan  :
1.    Piala Bergilir KASAL Indonesia
2.    Piala Bergilir Gubernur Jawa Barat
3.    Piala Bergilir Bupati Kab. Bekasi
4.    Piala Bergilir Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Cikarang Barat Bekasi untuk : Pasukan Terbaik THE BEST 1 Tingkat SMA/SMK/MA dan Ambalan Teritorial
5.    Piala Bergilir Dewan Kehormatan SMK Negeri 1 Cikarang Barat
6.    Piala Bergilir Danton Terbaik
7.    Piala Juara 1, 2 dan 3 tiap mata lomba
8.    Piala Juara 5K
9.    Piala Juara Harapan : Piala Harapan 1,2 dan 3 LKBB

KEPANITIAAN

Terlampir

JADWAL KEGIATAN

Terlampir

ANGGARAN BIAYA

Terlampir

PENUTUP

Syukur Alhamdulilah, kami sebagai tim kepanitiaan Lomba Mandala Galang Buana Cakrawala VI Se-Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten terus meminta petunjuk-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Proposal ini sesuai dengan apa yang telah kami rumuskan bersama.

Kami menyadari kekurangan kami dalam penyusunan Proposal ini, maka saran kritik serta arahan seluruh pihak yang terlibat dalam Lomba Mandala Galang Buana Cakrawala VI Se-Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten Tahun 2013 ini sangatlah kami harapkan.Terutama masukan yang bersifat membangun agar kelak dikemudian hari kami dapat melakukan kegiatan seperti ini dengan hasil yang lebih sempurna dan lebih baik lagi.

Demikianlah Proposal ini kami susun, sebagai acuan dan pedoman bagi panitia maupun semua pihak yang berkaitan dengan Lomba Mandala Galang Buana Cakrawala VI Se-Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten Tahun 2013.

Kami menyadari bahwa kegiatan ini tidak dapat terlaksana tanpa bantuan dan peran aktif dari semua pihak. Untuk itu besar harapan kami, bagi semua pihak untuk bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini. Atas perhatiannya dan partisipasinya kami mengucapkan terima kasih.

Nah itu dia pratinjaunya. Proposal tersebut saya dapatkan dari Kang Dandy ketika saya hendak menyelenggarakan sebuah lomba pramuka online, meski pada akhirnya tidak dapat terlaksana. Semoga bisa bermanfaat bagi sahabat semua.

Sumber gambar : pramukaindonesia.com


EmoticonEmoticon