Perbedaan Kolonialisme dengan Imperialisme

Tags

Kita sering mendengar istilah kolonialisme dan imperialisme ketika kita belajar mata pelajaran sejarah, atau bahkan ketika kita tengah mengheningkan cipta dan membayangkan perjuangan kemerdekaan bangsa ini. Ya, tentu dua istilah itu sangat erat kaitannya dengan penjajahan oleh suatu bangsa kepada bangsa lainnya. Dimana mereka melakukan kolonialisasi ataupun imperialisasi. Kolonialisme sendiri datang dari kata dasar koloni yang bisa kita artikan sebagai kumpulan. Sedangkan imperialisme sendiri datang dari kata dasar imperium yang bisa kita maknai sebagai bentuk dari adanya kesatuan.

Sudah jelas dari bahasanya sendiri kita bisa membedakan antara kolonialisme dengan imperialisme. Namun, tidak banyak yang bisa menafsirkan perbedaan kedua kata dasar itu sebagai pembeda anatara kolonialisme dengan imperialisme. Untuk itulah disini saya akan menjelaskan perbedaaan yang sangat mendasar yakni perbedaan yang sangat jelas antara kolonialisme dengan imperialisme. Mari kita bahas.


Apakah sahabat sering mendengar bahwa belanda dahulu telah melakukan kolonialisasi terhadap indonesia? Apakah sahabat sering pula mendengar bahwa jepang dahulu telah melakukan imperialisasi terhadap indonesia? Saya yakin pasti sahabat menjawab ya. Namun sekali lagi, pasti sahabat bingung menafsirkan perbedaan kedua istilah itu, ketika belanda dan jepang pada dasarnya telah melakukan hal yang sama kepada indonesia yaitu penjajahan.

Jelas sekali perbedaannya, kita bisa melihat hal itu dari perbedaan bagaimana mereka bisa melakukan penjajahan terhadap indonesia. Saat itu belanda bisa memulai penjajahan mereka di indonesia bukan karena mereka melakukan siasat perang terhadap indonesia dan bukan pula mereka melakukan jihad penyebaran agama terhadap indonesia, mereka pada dasarnya bisa menguasai indonesia hanya karena penguasaan perdagangan oleh para pedagang mereka. Hingga terbentuklah VOC yang mulai menguasai setiap aspek kehidupan negeri ini. Dan akhirnya terjadilah peralihan kekuasaan dari VOC kepada negara belanda untuk menguasai wilayah indonesia.

Hal itu berbeda dengan cara jepang melakukan penguasaan terhadap indonesia. Mereka sangat berbeda dengan belanda yang memulai penguasaan dengan cara berdagang, mereka memulai dari semangat menjadi negara imperialis dengan diketuai oleh kepala negaranya. Semua sudah tahu bahwa jepang melakukan penguasaan indonesia atas nama negara jepang, tidak ada lagi alasan penguasaan selain alasan itu.

Nah bagaimana? Apa ada yang sudah bisa menyimpulkan apa bedanya kolonialisme dengan imperialisme?

Pada intinya, perbedaan antara kolonialisme dengan imperialisme adalah dari cara dan proses penguasaan yang terjadi. Pada kolonialisme, proses penguasaan tidak langsung dilakukan oleh negara, namun dilakukan oleh para penduduknya sehingga membentuk sebuah koloni yang selanjutnya dapat diambil alih oleh negara. Sedangkan pada imperialisme, proses penguasaan langsung dilakukan oleh negara, sebab negara hendak membentuk sebuah imperium, metode untuk melakukan penguasaan itu dapat dilakukan dengan beberapa cara, namun yang paling populer adalah dengan melakukan penyerangan yang bersifat militeristik.

Sumber

Proses pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Indonesia SMA Negeri 1 Margahayu.

Sumber gambar : seputaraceh.com

1 komentar so far

This comment has been removed by the author.


EmoticonEmoticon