Penyebab Menipisnya Lapisan Ozon

Tags

Secara umum, penyebab menipisnya lapisan ozon adalah akibat dari pelepasan gas CFC ke atmosfer bumi. Namun ada pula penyebab lainnnya seperti :


1. Karbon Dioksida

Gas karbon dioksida yang kita lepaskan menuju atmosfer sifatnya akan merusak lapisan ozon. Seiring dengan kemajuan zaman yang sama sekali melupakan keseimbangan alam, tumbuh-tumbuhan dan pepohonan semakin terbengkalai. Kita tahu bahwa tumbuhan menyerap gas karbon dioksida dan melepaskan gas oksigen yang dibutuhkan manusia. Tentu saja dengan hilang dan berkurangnya lahan hijau seperti hutan di muka bumi, akan memperparah perusakan lapisan ozon.

2. Karbon Monoksida

Karbon Monoksida merupakan gas buang hasil pembakaran bahan bakar fosil dari kendaraan bermotor yang sifatnya dapat merusak lapisan ozon. Dengan itu kita bisa tarik simpulan bahwa dengan bertambahnya jumlah kendaraan berbahan bakar fosil di bumi, maka secara langsung hal itu akan berdampak pada perusakan lapisan ozon. Apalagi di negara Indonesia sendiri, jumlah kendaraan motor sangat mengalami peningkatan pesat tanpa adanya pengaturan dari pemerintah.

Hal ini bisa ditangani dengan pemakaian kendaraan ramah lingkungan seperti yang sedang banyak dikembangkan saat ini. Misalnya kendaraan bertenaga listrik melalui sistem penyimpanan baterai.

3. Asap Pabrik

Kalau saja sahabat berada di lingkungan pabrik produsen, pastilah sahabat melihat betapa kotornya asap yang dikeluarkan oleh pabrik produksi. Asap pabrik ini akan semakin memperparah kerusakan lapisan ozon.

Sumber

Disarikan dari buku Marthen Kanginan, Fisika SMA/MA Kelas XI, Tahun 2014, Penerbit Erlangga.

Sumber gambar : sains.me

Hak cipta karya sepenuhnya ada pada penulis dan penerbit bersangkutan. Disini hanya sebatas mendokumentasikan dan mendiskusikan dengan harapan dapat menjadi input berharga bagi pihak-pihak terkait.


EmoticonEmoticon