Konflik Pada Teks Cerpen

Sebuah cerita pendek dapat dikatakan sangat menarik apabalia konflik yang membangunnya menarik perhatian pembaca sehingga pembaca menjadi penasaran untuk membacanya hingga selesai. Konflik sendiri merupakan usur esensial/paling penting dalam sebuah cerita. Bayangkan saja jika sebuah cerita tidak mempunyai konflik? Apakah cerita itu dapat dikatakan cerita yang menarik? Artinya, tanpa adanya konflik, sebuah cerpen akan terasa hambar karena tidak menarik untuk dibaca.

Konflik adalah pertikaian atau pertentangan antara dua karakter tokoh yang berbeda. Kita sudah mengetahui bahwa dalam suatu cerita ada yang dinamakan karekter protagonis dan karakter antagonis yang masing-masing mempunyai ide tersendiri. Perbedaan karakter inilah yang biasanya memunculkan konflik.

Konflik dibagi menjadi tiga macam, yaitu konflik antar pelaku dengan alam, konflik antar pelaku, dan konflik dengan dirinya sendiri.


Konflik dengan Alam

Konflik dengan alam maksudnya adalah konflik yang terjadi ketika tokoh cerita menghadapi dan mengatasi masalah yang disebabkan oleh lingkungan atau alam. Misalnya saja, tokoh berusaha mengatasi wabah penyakit di kampungnya seperti malaria dan DBD.

Konflik Sesama Tokoh / Konflik Antar Tokoh

Konflik sesama tokoh adalah konflik yang timbul akibat adanya pertentangan antar tokoh (tokoh yang satu dengan tokoh yang lainnya). Konflik semacan ini dapat berbentuk konflik fisik semisal perkelahian atau juga konflik ide semisal pertentangan pendapat.

Konflik dengan Dirinya Sendiri / Konflik Batin

Konflik batin adalah konflik yang terjadi antara tokoh dengan dirinya sendiri. Konflik ini terjadi saat di dalam batin tokoh mucul kekuatan-kekuatan yang bertentangan. Contohnya keberanian melawan ketakutan, kejujuran melawan kebohongan, dan sebagainya.

Sumber

Disarikan dari buku Sobandi, Mengasah Kemampuan Diri, Tahun 2014, Penerbit Erlangga.

Sumber gambar : dickyari31.blogspot.com

Hak cipta karya sepenuhnya ada pada penulis dan penerbit bersangkutan. Disini hanya sebatas mendokumentasikan dan mendiskusikan dengan harapan dapat menjadi input berharga bagi pihak-pihak terkait.


EmoticonEmoticon