Dampak Penipisan Lapisan Ozon

Tags

Dampak penipisan lapisan ozon di bumi bisa kita analogikan dengan melihat penipisan lapisan ozon yang rutin terjadi di Antartika secara alami. Ketika terjadi penipisan lapisan ozon disana, dan matahari sedang bersinar, penelitian memperlihatkan bahwa sinar matahari yang masuk banyak mengandung radiasi Ultra Violet (UV) karena sinar matahari tidak mendapat penyaring. Dengan masuknya radiasi UV secara langsung, kita akan merasa sinar matahari terasa sengat terik dan akibatnya kulit akan terasa pedih. Hal itu menggambarkan bahwa sinar UV yang dipancarkan oleh matahari sangat berbahaya bagi seluruh makhluk hidup, termasuk manusia.

Salah satu fungsi lapisan ozon bumi adakah menyaring sinari UV yang dipancarkan oleh matahari. Lapisan ozon akan menyerap 90% radasi UV, sehingga sinar UV yang masuk hingga ke permukaan bumi kira-kira hanya 10%.


Apa akibatnya jika lapisan ozon menipis?

Seperti yang telah dianalogikan/diumpamakan di atas, dampak penipisan lapisan ozon secara langsung akan dapat dirasakan oleh manusia atas meningkatnya kadar radiasi UV yang masuk ke dalam bumi. Bagi manusia, lapisan ozon yang menipis berarti kulit dan mata akan terpapar radiasi UV lebih banyak dari yang normalnya. Hal itu akan memicu jumlah penderita kanker kulit dan mata katarak.

Tidak hanya itu, lebih parahnya lagi terlalu berlebihnya sinar UV yang masuk ke bumi akan menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh manusia. Hal itu secara tidak langsung akan meningkatkan kerentanan tubuh manusia dan memperceat timbulnya beberapa penyakit. Akibatnya, masa hidup manusia akan bertambah pendek.

Apakan hanya manusia yang terkena dampaknya?
Tidak! Seluruh makhluk di bumi akan terkena dampaknya. Radiasi UV berlebih dapat merusak kolorofil tumbuhan sehingga menimbulkan penurunan produksi pangan dan kematian pada tanaman. Plankton di laut juga turut akan mata sehingga akan memutus mata rantai makanan, akibatnya jumlah ikan akan berkurang. Naasnya lagi, fitoplankton merupakan penyumbang 70% kebutuhan oksigen di dunia, sehingga matinya mereka akibat paparan radiasi UV berlebih akan berdampak panjang pada kehidupan di bumi.

Sumber

Disarikan dari buku Marthen Kanginan, Fisika SMA/MA Kelas XI, Tahun 2014, Penerbit Erlangga.

Sumber gambar : m4res.wordpress.com

Hak cipta karya sepenuhnya ada pada penulis dan penerbit bersangkutan. Disini hanya sebatas mendokumentasikan dan mendiskusikan dengan harapan dapat menjadi input berharga bagi pihak-pihak terkait.


EmoticonEmoticon