Ketik sesuatu lalu tekan enter

author photo
By On
Tips Ampuh Mengatasi Stress - Stress merupakan suatu kondisi dimana seseorang terbebani oleh sebuah keadaan berat yang biasanya mencakup persoalan hidup sehingga ia merasa pusing, letih dan frustasi. Saya rasa semua orang pernah mengalami stress. Dari mulai yang hidupnya selalu bahagia hingga yang hidupnya selalu diliputi masalah.

Stress ini bisa diakibatkan oleh beragam kondisi, mulai dari datangnya beban pekerjaan, beban rumah tangga, beban lingkungan, beban percintaan, hingga beban tugas sekolah yang datang seabrek (curhat nih...). Meski masalah stress ini bisa kita anggap sebagai masalah sepele karena cara mengatasinya yang juga sepele, namun perlu diketahui bahwa stress ini harus dengan cepat kita atasi. Mengapa? Karena kalau kita biarkan masalah sepele ini berlarut-larut, bisa gawat nantinya. Coba sahabat bayangkan, jika kita stress, didiamkan, dan akhrinya menjadi gila. Kan bisa saja. Right?

Oke, kali ini saya akan membagikan beberapa tips yang bisa sahabat lakukan ketika stress sebagai cara untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut saya paparkan.

1. TIDUR


Hahaha, sengaja saya masukkan tidur menjadi tips pertama yang harus sahabat coba. Tidur dapat dikatakan sebagai cara yang paling efektif untuk menghilangkan stress. Yap, karena disaat kita tidur, seluruh beban pikiran yang ada, secara bertahap akan menghilang. Disamping itu, tidur juga mampu mengkondisikan tubuh untuk dapat sedia lagi beraktifitas.

Salain sebagai cara untuk mengatasi stress, ada beberapa hal lain yang bisa kita dapatkan dengan beristirahat melalui tidur, sebagaimana tercantum di halosehat.com.

a. Memperbaiki tubuh. Dikarenakan dangan tidur, tubuh mampu menghasilkan molekul protein tambahan yang efektif untuk menguatkan tubuh beserta sistem imunnya dalam melawan infeksi.

b. Memperbaiki kualitas hidup. Apabila sahabat konsisten tidur cukup setiap harinya.

c. Memperkuat kinerja otak. Dikarenakan otak pun perlu beristirahat. Maka dengan melakukan tidur yang cukupm memori, daya ingat, dan kinerja otak pun akan selalu terjaga.

2. MELAKUKAN IBADAH


Hidup ini hanyalah titipan, jangan sampai kita melupakan bahwa seluruh kehidupan ini telah diatur oleh Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT. Jangan biarkan masalah kehidupan dunia ini merusak hidup kita dan juga kehidupan di akhirat nanti. Rehatkanlah sejenak pikiran sahabat. Cobalah memohon kepadanya lewat ibadah agar sahabat senantiasa diberikan kekuatan untuk bisa menghadapi cobaan di dunia ini.

Dalam melakukan ibadah pun, sahabat harus jalani dengan ikhlas. Bukan karena sahabat sedang mengalami stress. Karena dengan ibadah yang ikhlas, rasanya hidup ini terasa ringan dan hidup pun akan terasa nyaman pula.

Ketika sahabat melakukan wudhu atau shalat, cobalah untuk melakukannya secara perlahan alias tidak tergesa-gesa. Sungguh, bila sahabat bisa merasakannya, didalam setiap bagian ibadah itu terdapat sebuah kekhusukan yang bisa membuat sahabat melayang nikmat. Cobalah.

3. MELAKUKAN HOBI


Cara ini adalah salah satu cara yang paling populer diantara semua cara. Memang benar, dengan melakukan hobi-lah kita bisa membuang semua beban kehidupan. Karena pada dasarnya hobi adalah aktivitas yang memang benar-benar kita sukai dan kita cintai tanpa menghasilkan beban sedikitpun.

Ketika kita stress, terjadi sekelumit beban yang menghantui pikiran kita. Cobalah lepaskan semua beban itu denga melakukan sebuah hobi yang benar-benar sahabat senangi. Contohnya, ketika dahulu saya hendak menghadapi UN SMP, sedikit saya terkena stress. Namun dengan melakukan hobi bermain games, semua itu bisa saya lepas dengan cepat.

4. MENUJU ALAM


Baik itu pergi berekreasi ke tempat yang masih asri atau hanya sekedar keluar ruangan dan menatap pepohonan. Sejatinya hampir sama. Sahabat bisa keluar ruangan dan berjalan-jalan di halaman depat untuk menghirup udara segar. Dengan cara ini diri sahabat bisa jauh lebih tenang dari sebelumnya akibat hangata udara, sejuknya lingkungan, hijaunya alam sampai adanya alunan nyanyian burung yang bisa mencairkan suasana.

5. MELAKUKAN OLAHRAGA


Masih ingat dengan pepatah "Dibalik tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat"? Pepatah ini bisa kita ambil intisarinya, yaitu ketika tubuh kita dalam keadaan sehat, makan stress pun sulit melanda diri kita. Dan dari intisari itu pula, kita bisa kembali kepada hakikat penyebab stress sendiri. Stress dengan mudahnya melanda diri kita ketika tubuh kita sudah lelah, namun masalah ataupun tugas justru berdatangan.

Cobalah untuk menyukai satu bidang olahraga yang cocok denga kriteria sahabat. Apakah itu sepakbola, bulu tangkis, renang, voli, basket, lari, silat atau olahraha yang lainnya. Namun yang terpenting, pilihlah olahraga yang membuat semua bagian tubuhmu bergerak. Oke?

6. BERPIKIR POSITIF DAN SELESAIKAN MASALAH


Hal terakhir yang utama yang harus sahabat adalah berfikir positif. Berpikirlah bahwa semua masalah dan pekerjaan yang sedang sahabat kerjakan adalah hal mudah yang akan sahabat selesaikan tanpa ada masalah apapun.

Selanjutnya kerjakan pekerjaan yang membebani sahabat hingga membuat sahabat stress. Ya kalau gak dikerjakan, mau sampai kapan stressnya?

Klik untuk mengomentari