Ketik sesuatu lalu tekan enter

author photo
By On
Kewajiban shalat didasarkan pada firman Allah Swt. : Sungguh, shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (QS. An-Nisa (4) : 103)

Dalam ayat lain, Allah Swt. berfirman : Padahal mereka hanya diperintahkan menyembah Allah dengan ikhlas dan menaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar). (QS. Al-Bayyinah (98) : 5)

Kewajiban shalat dalam kedua ayat tersebut diperkuat oleh penegasan Rasulullah Saw. dalam sebuah hadis. Suatu ketika Rasulullah Saw. ditanya tentang Islam, kemudian beliau bersabda, "Lima kali shalat satu hari satu malam." Kemudian orang itu bertanya kembali, "Apa ada yang selainnya?" Lalu beliau menjawab, "Tidak ada, kecuali apabila engkai melakukan yang sunnah." (Tartib Musnad Imam Asy-Syafi'i)


Sumber

Dikutip tanpa pengubahan dari buku Dr. Asmaji Muchtar, Fatwa-Fatwa Imam Asy-Syafi'i - Masalah Ibadah,  Tahun 2014, Penerbit Amzah.

Hak cipta karya sepenuhnya ada pada penulis dan penerbit bersangkutan. Disini hanya sebatas mendokumentasikan dan mendiskusikan dengan harapan dapat menjadi input berharga bagi pihak-pihak terkait.

Klik untuk mengomentari