Ketik sesuatu lalu tekan enter

author photo
By On
Kelangkaan (Scarcity) adalah ketidakseimbangan atau ketimpangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan jumlah alat pemuas kebutuhan yang terbatas. Scarcity berasal dari kara scare yang berarti langka. Alat pemuas kebutuhan adalah segala sesuatu yang dapat memenuhi atau memuaskan kebutuhan manusia. Dengan kata lain, setiap benda mempunyai faedah atau guna (utility) bagi manusia.

Alat pemuas kebutuhan dapat dibedakan menurut sifat, fungsi, wujud, sifat hubungan, dan prosesnya.

Alat pemuas kebutuhan menurut sifatnya terdiri atas barang ekonomi dan barang bebas.
Alat pemuas kebutuhan menurut fungsi/tujuan penggunaannya terdiri atas barang konsumsi dan barang produksi/barang modal.
Alat pemuas kebutuhan menurut wujudnya terdiri atas barang konkrit/material dan barang abstrak/immaterial.
Alat pemuas kebutuhan menurut sifat hubungannya terdiri atas barang substitusi dan barang komplementer.
Alat pemuas kebutuhan menurut prosesnya terdiri atas barang mentah/bahan mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi.

Adapun kegunaan barang dibagi dalam enam kegunaan berikut.

Elemen utility (guna dasar), yaitu benda itu berguna karena mengandung zat. Misalnya, kapas sebagai bahan baku pemintalan benang.
Time utility (guna waktu), yaitu suatu benda mempunyai kegunaan karena telah terjadi perubahan waktu penggunaannya. Misalnya, jas hujan berguna pada waktu musim penghujan.
Place utility (guna tempat), yaitu suatu barangyang mempunyai kegunaan karena telah terjadi perubahan tempat. Misalnya, pasir di sungai dibawa ke kota.
Form utility (guna bentuk), yaitu suatu barang mempunyai kagunaan karena telah berubah bentuk. Misalnya, kayu menjadi meja atau kursi.
Ownership utility (guna hak milik), yaitu suatu barang mempunyai kegunaan apabila sudah disewa atau dibeli. Misalnya, mesin jahit di toko telah dibeli oleh penjahit.
Elelment utility (guna unsur), yaitu suatu barang mempunyai kegunaan setelah dicampur atau bersenyawa dengan barang lain. Misalnya, berbagai jenis zat yang diolah menjadi obat.
Service utility (guna pelayanan), yaitu suatu kegiatan jasa mempunyai kegunaan setelah memberikan pelayanan atau service kepada para penggunanya. Misalnya, televisi akan berguna apabila ada siaran.

Sumber

Dikutip tanpa pengubahan dari buku Bambang Puji Raharjo, Martinus Hari Priharta, Sukses Ujian Ekonomi, Tahun 2010, Penerbit Yudhistira.

Hak cipta karya sepenuhnya ada pada penulis dan penerbit bersangkutan. Disini hanya sebatas mendokumentasikan dan mendiskusikan dengan harapan dapat menjadi input berharga bagi pihak-pihak terkait.

Klik untuk mengomentari